Test Footer

Kejahatan yang Menguntungkan Dari Anak Jalanan Dijadikan Korban Kekerasan


rajaiklan13 - Wakil Ketua KPAI Susanto menyebutkan ada sekitar 18 ribu anak jalanan di Indonesia yang menjadi target seksual, kekerasan dan hal lainnya. Anak jalanan ada 4 tipologi yang berada yaitu pertama anak yang tereskploitasi adalah mereka berada dibawah tekanan dan sulit untuk keluar dari lingkaran tersebut ujarnya.

Kedua, anak yang terpaksa pergi ke jalanan untuk mencari rezeki sebagai penyambung hidup dia dan orangtua serta adik-adiknya. 


Ketiga, anak jalanan yang terpengaruh teman. Ini memang masih bisa untuk dikembalikan ke lingkungan mereka sebelumnya.

Keempat, anak jalanan yang dijadikan sebagai profesi. Ini sudah permanen dan menjadi mentalitas mereka dan sangat sulit untuk dikembalikan pada keluarga.

"Jika pelaku ditangkap lalu dipenjara dan tidak ada perlakuan perubahan mental. Tentu kejadian tersebut akan terulang, sebab bukan hanya memiliki alasan ekonomi namun lebih parah pada segi mental". Susanto juga menilai bahwa pendekatan terpadu harus dilakukan pada pelaku. Bukan hanya pendekatan hukum namun perlu juga dari pendidikan dan pemberdayaan.


"Intinya, pemberatan hukum harus dilakukan agar orang tidak main-main dan jera. Namun masih butuh intervensi mendalam lagi agar anak tidak dijadikan lahan ekonomi serta senjata dalam menumbuhkan pada rasa iba pada masyarakat", ujar Susanto kemudian.

0 Response to "Kejahatan yang Menguntungkan Dari Anak Jalanan Dijadikan Korban Kekerasan "

Post a Comment